Jangan Lagi ada Tathoyyur






            Dahulu di jaman jahiliyyah Arab, orang-orang mengundi nasibnya dengan menerbangkan seekor burung. Jika burung itu terbang ke arah utara, maka mereka akan pergi ke utara. Mereka percaya bahwa rejeki dagang mereka hari itu sedang berada di arah utara. Dari sinilah istilah itu diambil. Tathoyyur berasal dari kata thooir (burung).

            Adapun secara istilah, tathoyyur adalah seperti yang dijelaskan oleh Ibnu Al Atsir:
والطيرة كما عرفها ابن الأثير: هي التشاؤم بالشيء، وهو مصدر تطير، يقال: تطير طيرة، وتخير خيرة، ولم يجئ من المصادر هكذا غيرهما، وأصله فيما يقال: التطير بالسوانح والبوارح من الطير والظباء وغيرهما، وكان ذلك يصدهم عن مقاصدهم، فنفاه الشرع، وأبطله ونهى عنه، وأخبرهم أنه ليس له تأثير في جلب نفع أو دفع ضر. اهـ.
“Pengertian dasar dari tathoyur adalah mengaitkan kesialan dengan sesuatu. Tathoyur adalah perbuatan mengaitkan nasib seseorang dengan peristiwa, angin, burung, kijang, atau yang lainnya. Mereka jadikan tanda-tanda itu untuk mengurungkan keinginan dan perbuatan mereka. Maka syariat Islam melarang dan membatalkannya. Serta menjelaskan bahwa tathoyur tidak memberkan pengaruh, baik manfaat atau bahaya bagi manusia”.

Syaikh Utsaimin –rahimahullah- berkata,
هو التشاؤم بمرئي أو مسموع أو معلوم، بمرئي مثل: لو رأى طيرا فتشاءم لكونه موحشا، أو مسموع مثل: من هم بأمر فسمع أحدا يقول لآخر: يا خسران، أو يا خائب، فيتشاءم، أو معلوم، كالتشاؤم ببعض الأيام أو بعض الشهور أو بعض السنوات، واعلم أن التطير ينافي التوحيد
“Tathoyyur adalah mengaitkan kesialan dengan apa yang dilihat, atau yang didengar, dan atau yang diketahui. Dengan penglihatan misalnya, jika seseorang melihat burung tertentu dia merasa sial karena burung itu adalah hewan yang merasa sepi. Dengan pendengaran misalnya, jika seseorang menginginkan sesuatu kemudian terdengar oleh orang lain, maka dia berkata –rugilah aku, celakalah aku- lalu dia pun pesimis. Dengan pengetahuan misalnya, pesimis karena hari-hari tertentu atau bulan-bulan tertentu, atau tahun-tahun tertentu. Ketahuilah bahwa tathoyyur ini menghilangkan ketauhidan seseorang”

            Nah, praktiknya di jaman sekarang ini bermacam-macam. Kita pernah mendengar orang-orang berkata, “Jika cicak jatuh ke kepala itu tanda kesialan”. “Kalau ada suara burung gagak di malam hari, berarti ada yang meninggal”. “Kalau menabrak kucing, harus dikubur. Biar tidak terjadi sesuatu!”. “Hati-hati dengan angka 13!”, dan lain sebagainya.

            Seorang muslim tidak boleh mempercayai hal-hal demikian, karena yang demikian itu adalah perbuatan menyandarkan sesuatu kepada selain Allah ta’ala. Secara otomatis kita sedang berkeyakinan bahwa yang mendatangkan manfaat dan bahaya adalah benda-benda, hari-hati, atau tanda-tanda alam. Perbuatan seperti ini dihukumi perbuatan syirik. Sebagaimana yang terdapat dalam riwayat dari Ibnu Mas’ud rodhiallahu ‘anhu ,
الطِّيَرَةُ شِرْكٌ، الطِّيَرَةُ شِرْكٌ، وماَ مِنَّا إلاَّ، وَلَكِنَّ اللّهض يُذْهِبُهُ بِالتَّوَكُّلِ
“Tathoyyur adalah kesyirikan, tathoyyur adalah kesyirikan, dan tidak ada seorang pun dari kita kecuali (telah terjadi dalam dirinya sesuatu dari hal itu), akan tetapi Allah menghilangannya dengan tawakal.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi dan ia menyatakan shahih dan menjadikan perkataan terakhir adalah dari perkataan Ibnu Mas’ud. Lihat Fathul Majid)

            Jangankan kepada benda-benda, hari-hati, atau tanda-tanda alam tadi, tathoyur kepada nabi pun tidak boleh. Hal ini pernah dilakukan oleh orang-orang musyrik di jaman Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam yang Allah ta’ala abadikan di dalam surat An Nisa:
 {.... وَإِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَقُولُوا هَذِهِ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُوا هَذِهِ مِنْ عِنْدِكَ قُلْ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ فَمَالِ هَؤُلاءِ الْقَوْمِ لا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثًا * مَا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللَّهِ وَمَا أَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَفْسِكَ وَأَرْسَلْنَاكَ لِلنَّاسِ رَسُولا وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيدًا} .78. Dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: "Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)". Katakanlah: "Semuanya (datang) dari sisi Allah". Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikit pun? 79. Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi. (QS. An Nisa: 78-79)

Syaikh Abdurrahman As Sa’di menjelaskan bahwa perbuatan mereka itu adalah bentuk tathoyur kepada nabi. Yaitu, jika mereka mendapatkan kenikmatan mereka katakan itu berasal dari Allah ta’ala. Namun jika mereka mendapat musibah, mereka mengatakan bahwa hal tersebut dari Rasullah shallallahu ‘alayhi wasallam.

Dahulu, kaumnya Firaun juga bertathoyyur kepada Nabi Musa, sebagaimana firmanNya:
{فَإِذَا جَاءَتْهُمُ الْحَسَنَةُ قَالُوا لَنَا هَذِهِ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَطَّيَّرُوا بِمُوسَى وَمَنْ مَعَهُ} .
Kemudian apabila datang kepada mereka kemakmuran, mereka berkata: "Ini adalah karena (usaha) kami". Dan jika mereka ditimpa kesusahan, mereka lemparkan sebab kesialan itu kepada Musa dan orang-orang yang besertanya. Ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari Allah, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. (Qs. Al A’raf: 131).

Dan juga kaumnya Nabi Yasin,
وقال قوم ياسين لرسلهم: {إِنَّا تَطَيَّرْنَا بِكُمْ لَئِنْ لَمْ تَنْتَهُوا لَنَرْجُمَنَّكُمْ}
36:18. Mereka menjawab: "Sesungguhnya kami bernasib malang karena kamu, sesungguhnya jika kamu tidak berhenti (menyeru kami), niscaya kami akan merajam kamu dan kamu pasti akan mendapat siksa yang pedih dari kami". (Qs. Yasin: 18)

            Jadi, Allah ta’ala melarang kita bertathoyur. Kita hanya hanya diperintahkan untuk bergantung kepada Allah ta’ala semata. Sebab, tidaklah kebaikan dan keburukan itu terjadi melainkan atas ijinNya. Di dalam kitab At Tauhid karya Syaikh Muhammad At Tamimi dikatakan bahwa, “Sedikit atau banyak setiap manusia pernah dan akan melakukannya”. Lantas bagaimana cara kita menghilangkan keyakinan itu jika kita terlanjut melakukannya? Salah satunya beliau terangkan dalam sebuah hadith yang diriwayatkan Ibnu ‘Amr, “Barangsiapa yang mengurungkan hajatnya karena tathoyyur, maka ia benar-benar telah berbuat kemusyrikan. Mereka berkata, ‘Lalu apa yang dapat menghapus itu?’ Ia berkata, ‘Hendaknya orang itu berkata,
اللًّهُمَّ لاَ خَيْرَ إلاَّ خَيْرُكَ وَلاَ طَيْرَ إلاَّ طَيْرُكَ
“Allahumma la khaira illa khoiruk walaa thoiro illa thoiruk”
‘Ya Allah, tidak ada kebaikan kecuali kebaikan-Mu dan tidak ada kesialan kecuali kesialan dari engkau dan tidak ada Ilah yang haq selain Engkau.'” (HR.Ahmad)
****

Malang, 28/04/15. Alfaqir Ilaa Robbihi, Achmad Tito Rusady
____________________________________________________________
Referensi:
عبد الرحمن بن ناصر بن عبد الله السعدي، تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان، (مؤسسة الرسالة الطبعة: الأولى 1420هـ -2000 م)
Syaikh Muhammad at-Tamimi, “Pemurnian Ibadah Kepada Allah”, (Bekasi: Darul Haq).


Komentar