Buah dari Kejujuran


قال أبو عبد الله الرملي: رأيت منصورًا الدَّيْنَوَرِيَّ في المنام فقلت له: ما فعل الله بك؟ قال: غفر لي ورحمني وأعطاني ما لم أُؤَمِّل، فقلتُ له: أحسن ما تَوَجَّه العبد به إلى الله ماذا؟ قال: الصدق، وأقبحُ ما توجَّه به الكذب.

Abu Abdillah Ar Ramli berkata, “Aku melihat Manshur Ad Dainawariy dalam mimpiku, aku berkata, “Apa yang Allah ta’ala perbuat atasmu?”. Manshur menjawab, “Allah mengampuniku dan merahmatiku, dan memberiku lebih dari yang kuharapkan”. Aku bertanya, “Amal apa yang paling baik balasannya untuk seorang hamba di sisi Allah?”. Dia menjawab, “Kejujuran. Adapun balasan terburuk untuk seorang hamba adalah kebohongan”.[1] 


-قال الشيخ عبد القادر الجيلاني –رحمه الله-: بَنَيْتُ أمري على الصدق، وذلك أني خرجت من مكة إلى بغداد أطلب العلم، فأعطتني أُمِّي أربعين دينارًا، وعاهدتني على الصدق، ولمَّا وصلنا أرض (هَمْدَان) خرج علينا عرب، فأخذوا القافلة، فمرَّ واحد منهم، وقال: ما معك؟ قلت: أربعون دينارًا. فظنَّ أني أهزأ به، فتركني، فرآني رجل آخر، فقال ما معك؟ فأخبرته، فأخذني إلى أميرهم، فسألني فأخبرته، فقال: ما حملك على الصدق؟ قلت: عاهدَتْني أُمِّي على الصدق، فأخاف أن أخون عهدها. فصاح باكيًا، وقال: أنت تخاف أن تخون عهد أُمِّك، وأنا لا أخاف أن أخون عهد الله!! ثم أمر بردِّ ما أخذوه من القافلة، وقال: أنا تائب لله على يديك. فقال مَنْ معه: أنت كبيرنا في قطع الطريق، وأنت اليوم كبيرنا في التوبة، فتابوا جميعًا ببركة الصدق وسببه.

Syaikh Abdul Qadir Jailani berkata, “Aku mendasari segala urusanku dengan kejujuran. Aku pernah pergi dari Baghdad ke Makkah untuk menuntut ilmu. Lalu ibuku memberiku 40 Dinar. Beliau mewasiatkanku agar aku berlaku jujur. Saat aku itu aku bersama romobongan musafir lainnya tiba di Hamdan, ada segerombolan orang pedalaman menghadang kami. Salah seorang dari mereka berkata padaku, “Apa yang ada padamu?!”. Aku menjawab, “40 Dinar”. Tapi orang itu menyangka aku bercanda. Lalu dia meninggalkanku. Datang lagi yang lain kepadaku dan bertanya, “Apa yang ada padamu?”. Aku menjawab dengan jawaban yang sama. Ia pun membawaku kepada ketua mereka, dan bertanya dengan pertanyaan yang sama, aku pun menjawab dengan jawaban yang sama. Mereka pun memeriksaku, dan mendapati 40 Dinar. Ketua komplotan itu bertanya, “Wahai Nak, apa yang membuatmu berbuat jujur!”. Aku menjawab, “Aku telah berjanji pada ibuku agar aku berlaku jujur. Aku takut mengkhianati janjinya”. Ketua komplotan itu pun menangis, dan berkata, “Engkau takut mengkhianati janji ibumu. Sedangkan aku tidak takut mengkhianati janji Allah!!!”. Ketua komplotan itupun mengembalikan semua barang yang dirampok dari romobongan. Ia pun berkata, “Aku bertaubat kepada Allah melalui mu Nak!”. Salah seorang anggota mereka menyahut, “Engkau adalah pembesar kami dalam merampok. Kini engkau pembesar kami dalam taubat kepada Allah”. Mereka semua pun bertaubat karena kejujuran Abdul Qadir Jailani. [2]
.


Telah bercerita kepada kami Muhammad bin Sa’id Al Khuza’iy telah bercerita kepada kami ‘Abdul A’laa dari Humaid berkata; Aku bertanya kepada Anas. Dia berkata; dan diriwayatkan pula, telah bercerita kepada kami ‘Amru bin Zurarah telah bercerita kepada kami Ziyad berkata telah bercerita kepadaku Humaid Ath Thowil dari Anas radliallahu ‘anhu berkata:

“Pamanku, Anas bin an-Nadhar tidak ikut perang badar kemudian dia berkata: “Wahai Rasulullah, aku tidak ikut saat pertama kali Tuan berperang menghadapai Kaum Musyrikin. Seandainya Allah memperkenankan aku dapat berperang melawan Kaum Musyrikin, pasti Allah akan melihat apa yang akan aku lakukan”. Ketika terjadi perang Uhud dan Kaum Muslimin ada yang kabur dari medan pertempuran, dia berkata: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari apa yang dilakukan oleh mereka, yakni para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan aku berlepas diri dari apa yang dilakukan oleh mereka yakni Kaum Musyrikin”. Maka dia maju ke medan pertempuran lalu Sa’ad bin Mu’adz menjumpainya. Maka dia berkata kepadanya: “Wahai Sa’ad bin Mu’adz, demi Robbnya an-Nadhar, aku menginginkan surga. Sungguh aku mencium baunya dari balik bukit Uhud ini”. Sa’ad berkata: “Wahai Rasulullah, aku tidak sanggup untuk menggambarkan apa yang dialaminya”. Anas berkata: “Kemudian kami temukan dia dengan luka tidak kurang dari delapan puluh sabetan pedang atau tikaman tombak atau terkena lemparan panah dan kami menemukannya sudah dalam keadaan terbunuh dimana Kaum Musrikin telah mencabik-cabik jasadnya sehingga tidak ada satupun orang yang mengenalinya kecuali saudara perempuannya yang mengenali jarinya”. Anas berkata: “Kami mengira atau berpedapat bahwa ayat ini turun berkenaan dengan dia dan orang yang serupa dengan dia. (“Dan diantara Kaum Mu’minin ada orang-orang yang membuktikan janji mereka kepada Allah”) sampai akhir ayat QS al-Ahzab 23. (Bukhari – 2085 – )


عن الحافظ أحمد بن عبد الله العجلي، قال: رِبْعِيُّ بن حِرَاشٍ، تابعي ثقة، لم يكذب قط، كان له ابنان عاصيان زمن الحجاج، فقيل للحجاج: إنَّ أباهما لم يكذب قط، لو أرسلت إليه فسألتَه عنهما. فأرسل إليه فقال: أين ابناك؟ فقال: هما في البيت. فقال: قد عفونا عنهما بصدقك.

Dari Al Hafizh bin Abdillah Al ‘Ajli berkata, “Rab’i bin Jirasy adalah seorang tabiin yang terpercaya. Dia tidak pernah berbohong sekalipun. Dia punya dua orang anak yang melakukan pelanggaran di jaman pemerintahan Al Hajjaj. Ada yang berkata pada Hajjaj, Sesungguhnya bapak dari kedua anak itu adalah orang yang jujur. Tidak pernah berdusta sekalipun. Jika engkau ingin tahu, utuslah seseorang untuk menanyakan di mana kedua anaknya berada”. Hajjaj mengirimkan seseorang kepadanya dan bertanya, “Kemana kedua anakmu?!”. Dia menjawab, “Mereka di rumah”. Utusan itu berkata, “Kami telah memaafkan keduanya karena kejujuranmu!”. [3]


- عن شداد بن الهاد: أن رجلاً من الأعراب جاء إلى النبي صلى الله عليه وسلم فآمن به واتبعه، ثم قال: أُهَاجِرُ معك. فأوصى به النبي صلى الله عليه وسلم بعضَ أصحابه، فلمَّا كانت غزوةٌ غَنِمَ النبي صلى الله عليه وسلم سَبْيًا فَقَسَمَ، وقَسَمَ له، فأعطى أصحابه ما قَسَمَ له، وكان يرعى ظهرهم، فلمَّا جاء دفعوه إليه، فقال: ما هذا؟ قالوا: قَسَمٌ قسمه لك النبي صلى الله عليه وسلم. فأخذه، فجاء به إلى النبي صلى الله عليه وسلم، فقال: ما هذا؟ قال: "قَسَمْتُهُ لَكَ". قال: ما على هذا اتَّبَعْتُك، ولكني اتبعتك على أن أرمى إلى ها هنا - وأشار إلى حلقه بسهم - فأموت فأدخل الجنة. فقال: "إِنْ تَصْدُقِ اللهَ يَصْدُقْكَ". فلبثوا قليلاً ثم نهضوا في قتال العدو، فأُتِيَ به النبيُّ صلى الله عليه وسلم يُحْمَلُ قد أصابه سهم حيث أشار، فقال النبي صلى الله عليه وسلم: "أَهُوَ هُوَ". قالوا: نعم. قال: "صَدَقَ اللهَ فَصَدَقَهُ". ثم كفَّنه النبي صلى الله عليه وسلم في جُبَّة النبي صلى الله عليه وسلم، ثم قدَّمه فصلَّى عليه، فكان فيما ظهر من صلاته: "اللَّهُمَّ هَذَا عَبْدُكَ خَرَجَ مُهَاجِرًا فِي سَبِيلِكَ فَقُتِلَ شَهِيدًا أَنَا شَهِيدٌ عَلَى ذَلِكَ"

Ada seorang laki-laki badui datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu dia beriman dan mengikuti beliau. Kemudian dia berkata, “Aku akan berhijrah bersama engkau?” Maka beliau menitipkan orang tersebut kepada sebagian sahabat beliau. Setelah terjadi perang, Nabi  shallallahu ‘alaihi wasallam mendapatkan ghanimah (harta rampasan perang) berupa tawanan, beliau membagikan dan membagi untuknya, lalu beliau memberikan kepada para sahabat beliau sesuatu yang beliau bagi untuknya dan dia sendiri sedang mengatur urusan mereka. Setelah dia datang, ia memberikannya kepada orang itu, lalu dia berkata, “Apa ini?” mereka menjawab, “Bagian yang telah Nabi  shallallahu ‘alaihi wasallam bagi untukmu.” Kemudian dia mengambilnya dan membawanya menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu bertanya, “Apa ini?” beliau bersabda, “Aku telah membaginya untukmu.” Dia berkata, “Bukan untuk hal ini aku mengikuti engkau. Tapi aku mengikuti engkau agar aku dilempari ke sini -dia menunjuk ke tenggorokannya dengan tombak- sampai aku mati dan aku masuk surga.” Beliau bersabda, “Jika kamu jujur kepada Allah, niscaya Allah akan jujur kepadamu.”

Tidak lama kemudian, para sahabat kembali bangkit melawan musuh. Setelah selesia perang orang tersebut dibawa ke tempat Nabi  shallallahu ‘alaihi wasallam dengan cara diangkut, dia terkena tombak pada tempat yang dia tunjuk. Maka Nabi  shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apakah dia orangnya?” Mereka menjawab, “Ya.” Beliau bersabda, “Dia benar dalam berjanji kepada Allah dan mewujudkan permintaannya.” Kemudian Nabi  shallallahu ‘alaihi wasallam mengkafaninya dengan jubah beliau shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau memajukannya dan menshalatkannya. Di antara bacaan yang kedengaran dalam shalat beliau adalah, “Ya Allah, inilah hamba-Mu, Dia telah keluar berhujrah di jalan-Mu. Lalu dia terbunuh dalam keadaan syahid, dan aku menjadi saksi atas hal tersebut.”  [4]



Penyusun: Achmad Tito Rusady, ghofarallahu lahu..
Penghujung Mei 2015. Pertengahan Sya’ban 1436 H.



[1] Al Ghazali, Ihya’ ‘Ulumiddin, Bab As Shidqu, 14/2726
[2] As Shafuri, Nuzhatu Al Majalisi wa Muntakhibu An Nafaais, 1/131. Lihat Sayyid Husain Al ‘Affani, Sholahul Ummati fi Uluwi Himmati, 5/45
[3] Al Khatib Al Baghdadi, Tarikhu Baghdad, 8/433. Ibnu Syaraf An Nawawi, Bustanul Arifin, hlm. 14.
[4] HR. An Nasai dalam kitab Al Janaaiz, bab Ashalah ‘ala Syuhada’, 1953. Disahihkan oleh Al Albani dalam Al Jami’ 3756, lihat Ibnul Qoyyim, Zad Al Ma’ad, 3/324.

Komentar