Nasihat untuk yang Takut dengan Gangguan Jin




Pertanyaan:
أرجو من الله أن تساعدوني على حل مشكلتي وهي : أنا أخاف من الجن خوفا غير طبيعي، والحمد لله أنا أصلي وأقرأ القرآن، وأذكر الله، ولا أستطيع أن أنام بعض الأحيان من الخوف، لا أستطيع أن أذهب وأصلي الفجر بل أؤجلها إلى الصباح. أرجوكم ساعدوني لكن فقط أريد الحل والله يجزيكم ألف خير. لا تحذفوا رسالتي ليس لي بعد توكلي على الله إلا أنتم والحمد لله على كل شيء .

Penanya: Saya berharap kepada Allah ‘ala agar kalian mau membantu saya mengatasi masalah saya. Saya sangat takut dengan jin dengan takut yang luar biasa. Dan alhamdulillah saya sholat dan juga membaca Al Qur’an serta berdzikir kepada Allah ta’ala. Saya juga tidak bisa tidur disebagian malam karena takut. Saya juga takut pergi ke masjid ketika sholat subuh. Sehingga saya akhirkan sholat sampai agak terang. Saya berharap kalian bisa membantu saya, hanya Allah ta’ala yang dapat membalas kebaikan kalian dengan banyak kebaikan. Mohon jangan hapus surat saya, saya tidak memiliki solusi setelah tawakal saya kepada Allah ta’ala selain kalian. Segala puji bagi Allah ta’ala atas segala sesuatu.

Jawaban:
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:
فننصحك بالحفاظ على الأذكار المطلقة والمقيدة، فواظب على التعوذات المأثورة مساء وصباحا وعند النوم والدخول والخروج.
ففي الحديث: قل هو الله أحد والمعوذتين حين تمسي وحين تصبح ثلاثا تكفيك من كل شيء. رواه أبو داود

Alhamdulillah washsholatu wassalam ‘ala rasulillah wa ‘ala alihi wa shohbihi, amma ba’d:
Kami nasihatkan pada Anda untuk terus menjaga dzikir yang muthlaq ataupun yang muqoyyad. Dispilinlah dalam meminta perlindungan kepada Allah ta’ala dengan doa-doa yang ma’tsur, baik sore hari, pagi hari, ketika tidur, ketika masuk rumah maupun keluar rumah. Dalam hadith dikatakan:

“Qulhuwallahu ahad dan al mu’awwidzatain (annas dan alfalaq) ketika sore dan pagi hari tiga kali, maka engkau akan dicukupkan dari segala sesuatu”. (HR. Abu Dawud).

وفي الحديث: إذا فزع أحدكم  في النوم فليقل: أعوذ بكلمات الله التامات من غضبه وعقابه وشر عباده ومن همزات الشياطين وأن يحضرون فإنها لن تضره. رواه الترمذي وأبو داودوحسنه الألباني.

Dalam sebuah hadith, “Jika salah seorang kalian merasa takut dalam tidurnya, maka ucapkanlah, ‘a’udzubikalimatillahittaammati min ghodhobihi wa ‘iqoobihi wa syarri ‘ibaadihi min hamazaatissyayatiin wa an yahdhurun’ (aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah ta’ala yang sempurna dari murkaNya, dari hukumanNya, dari kejahatan seluruh hambaNya, dan dari gangguan syaithan serta kehadirannya). Maka gangguan itu tidak membahayakannya”. (HR. At Tirmidzi dan Abu Dawud dihasankan oleh Al Albani).

وفي صحيح البخاري أن الشيطان قال لأبي هريرة: إذا أويت إلى فراشك فاقرأ آية الكرسي فإنه لن يزال عليك من الله حافظ ولا يقربك شيطان حتى تصبح، ثم قال النبي صلى الله عليه وسلم: صدقك وهو كذوب.

Dalam shahih Al Bukhari disebutkan bahwasannya syaithan berkata kepada Abu Hurairah, “Jika kau ingin menuju tempat tidurmu, maka bacalah ayat kursi. Maka Allah ta’ala akan menjagamu dan syaithan tidak akan mendekatimu sampai pagi”. Kemudian Nabi besabda, “Dia jujur padamu, padahal dia sering berbohong”.

وأما صلاة الفجر فيتعين الحفاظ عليها في الجماعة فهو سبب لحفظ العبد بإذن الله، فاتخذ الوسائل من منبه يوقظك، وإذا كنت تخاف الذهاب منفردا فالجأ لمرافقة بعض المصلين من أهل البيت كالوالد أو أحد الإخوة حتى تصلي مع الجماعة بالمسجد ففي الحديث: من صلى الصبح في جماعة فهو في ذمة الله. رواه الأصبهاني في مستخرجه على صحيحمسلم وغيره، وصححه الألباني.

Adapun sholat subuh, ada jaminan (perlindungan) dari Allah ta’ala bagi yang melaksanakannya secara berjama’ahn. Maka berupayalah untuk bangun sholat subuh dengan menyetel alarm. Dan jika engkau takut pergi sendiri, maka cobalah mencari teman untuk menemanimu pergi ke masjid untuk sholat berjama’ah. Karena di dalam hadith dikatakan, “Siapa yang sholat subuh berjama’ah maka dia berada dalam jaminan Allah ta’ala”. (HR. Al Ashbahani, dalam takhrijnya dari Shahih Muslim dan lainnnya, dishahihkan oleh Al Albani).

Diterejmahkan dari laman:

Komentar