Lentera Mereka Sering Menyala di Malam Hari


Malam-malam yang produktif, yang diisi dengan membaca, menulis, merenungkan faidah, menghafal, mengulang pelajaran, begitulah gambaran para ulama dalam memanfaatkan waktu malam. Dengan
sarana yang serba terbatas, baik alat tulis yang dicelupkan tinta, kertas yang terbuat dari tulang yang pipih atau yang terbuat dari kulit kayu, dan lentera berbahan bakar minyak yang terangnya tidak sampai memenuhi ruangan, mereka tetap duduk tenggelam dalam lezatnya menuntut ilmu.

قيل لبعض السلف: بم أدركت العلم؟ قال: بالمصباح والجلوس إلى الصباح
Sebagian mereka berkata saat ditanya, “Bagaimana Anda mendapatkan ilmu?”. Ada yang menjawab, “Dengan lampu dan duduk sampai subuh”.
وقيل ذلك لآخر فقال: بالسفر، والسهر، والبكور في السحر
Ada pula yang menjawab, “Dengan perjalanan jauh, begadang, dan bangun sebelum subuh”.

            Mereka memanfaatkan sunyinya malam di dalam rumah, untuk mengulang kembali pelajaran yang mereka terima sesiang tadi,

قال الخطيب البغدادي: وأفضل المذاكرة مذاكرة الليل.
Al Khatib al Baghdadi berkata, “Sebaik-baik waktu untuk mengulang pelajaran adalah di malam hari”.

وكان جماعة من السلف يفعلون ذلك، وكان جماعة منهم يبدءون من العشاء، فربما لم يقوموا حتى يسمعوا أذان الصبح.
“Banyak di antara para salaf melakukan hal itu, bahkan sebagian besar mereka mulai belajar setelah isya’ dan tidak beranjak sampai mendengar adzan subuh”.

            Barangkali zaman kita yang terlalu canggih, fasilitas yang terlalu mudah, sehingga membuat kita terlena serta manja dengan keadaan, lantas membuat ketakjuban kita pada semangat mereka serasa dongeng di cerita-cerita fiksi belaka, namun begitulah sebenarnya mereka,

وبادر الليل بما تشتهي فإنما الليل نهار الأريب وكان الشيخ أبو علي يكشف عن ظهره في الليلة الباردة يطرد به النوم.

“Gunakanlah malam hari untuk mempelajari ilmu, karena malam hari adalah siangnya orang-orang cerdas”. Adalah Syaikh Abu ‘Ali biasa melepas bajunya di malam hari yang dingin untuk mengilangkan kantuk.

وكان محمد بن الحسن الشيباني رحمه الله تعالى لا ينام الليل، كان عنده الماء يزيل نومه به، وكان يقول: إن النوم من الحرارة، فلابد من دفعه بالماء البارد.

Muhammad bin Al Hasan Asy-Syaibani t sering tidak tidur malam. Beliau biasa membawa air untuk menghilangkan kantuk. Dan beliau berkata, “Sesungguhnya ngantuk itu berasal dari panas, harus didinginkan dengan air”.

وحكى الربيع عن فاطمة بنت الشافعي قالت: أسرجت لأبي في ليلة سبعين مرة. وأبوها هو الإمام الشافعي رحمه الله تعالى، ففي ليلة من الليالي أيقظ ابنته ليكتب شيئاً ثم نام ثم استيقظ ثانية، وهذا نوع من الأرق المحمود، فلا يستطيع النوم لشدة شغفه بالعلم.

Diceritakan dari Ar Rabi’ dari Fathimah binti As Syafi’i berkata, “Aku menyalakan lampu untuk ayahku 70 kali dalam semalam”. Ayahnya ketika malam sering terbangun untuk menulis sesuatu kemudian tidur, dan bangun lagi untuk menulis lagi.

قال الحافظ ابن كثير: كان البخاري يستيقظ في الليلة الواحدة من نومه فيوقد السراج فيكتب الفائدة تمر بخاطره ثم يطفئ سراجه، ثم يقوم مرة أخرى، حتى كان يتعدد منه ذلك قريباً من عشرين مرة.

Al Hafizh Ibnu Katsir menuturkan, “Adalah Imam Al Bukhari sering bangun di malam hari, lalu menyalakan lampu untuk menulis suatu faidah yang terlintas di benaknya, kemudian kembali mematikan lampu untuk istirahat, dan kembali bangun untuk melakukan hal yang sama sebanyak 20 kali dalam satu malam”.



Semangat Imam Syafi’i dalam Menuntut Ilmu

 وقال ابن أبي حاتم: سمعت المزني يقول: قيل للشافعي: كيف شهوتك في العلم؟ قال: أسمع بالحرف -يعني الكلمة- مما لم أسمعه فتود أعضائي أن لها أسماعاً تتنعم بما تنعمت به الأذنان.

Ibnu Abi Hatim berkata, “Aku mendengar Al Muzani (murid Imam As Syafi’i) berkata, ‘Imam As Syafi’i pernah ditanya, “Bagaimana syahwat (seleramu) dalam ilmu?”. Beliau menjawab, “Ketika aku mendengar huruf (kata) yang belum pernah aku dengar sebelumnya, maka seluruh anggota badanku menjadi ingin memiliki pendengaran pula seperti telingaku untuk menikmati merdunya ilmu”,

وقيل له: كيف حرصك على العلم؟! قال: حرص الجموع المنوع في بلوغ لذته للمال.

Lalu beliau ditanya lagi, “Bagaimana semangatmu dalam ilmu?”. Beliau menjawab, “Seperti semangatnya orang yang gila harta nan bakhil yang sangat mencintai hartanya”

فقيل له: فكيف طلبك له؟! قال الشافعي: طلب المرأة المضلة ولدها ليس لها غيره. هذا هو طلبي للعلم

Lalu beliau ditanya lagi, “Bagaimana Anda menuntut ilmu?”. Beliau menjawab, “Seperti seorang ibu yang mencari anak semata wayangnya yang hilang, begitulah aku dalam mencari ilmu”.

            Dalam kisah di atas terdapat diksi “syahwat” yang mungkin bagi generasi sekarang makna kata tersebut teralihkan kepada hal-hal yang bersifat biologis. Namun, hal itu berbeda di dalam pemaknaan para pemburu ilmu. Bagi mereka syahwat adalah selera menunut ilmu dan berlezat-lezat dengannya hingga mengalahkan syahwat biologisnya. Agar lebih ringkas, berikut salah satu kisah yang mengherankan nan menakjubkan itu,

وَاشَتَرى أَصْحَابُ الشَّافِعِيِّ لَهُ جَارِيَةً، فَلَمَّا كَانَ اللَّيْلُ، أَقْبَلَ عَلَى الدَّرْسِ، وَالْجَارِيَةُ تَنْتَظِرُ اجْتِمَاعَهُ مَعَهَا، فَلَمْ يَلْتَفِتْ إِلَيْهَا، فَلَمَّا أَصْبَحَتْ سَارَتْ إِلَى النخاس وَقَالَتْ: حَبَسُونِي مَعَ مَجْنُونٍ.

فَبَلَغَ الشَّافِعِيَّ رَحِمَهُ اللَّه تَعَالَى قَوْلُهَا، فَقَالَ: الْمَجْنُونُ مَنْ عَرَفَ قَدْرَ الْعِلْمِ ثُمَّ ضَيَّعَهُ، أَوْ تَوَانَى فِيهِ حَتَّى فَاتَهُ.

Pernah suatu hari para sahabat Imam Asy Syafi’i menghadiahkannya seorang budak wanita kepadanya. Saat malam tiba, Imam Asy Syafi’i mulai membaca suatu pelajaran. Sedangkan sang wanita menunggu agar beliau “menyentuhnya”. Akan tetapi sedikitpun Imam Asy Syafi’i tidak menoleh kepadanya. Sampai datang pagi hari, si wanita menemui juragan budak dan berkata, “Mereka menginapkan aku dengan orang gila!”. Tatkala berita si wanita itu sampai kepada Imam Asy Syafi’i beliau berkata, “Orang gila adalah orang yang tahu nilai suatu ilmu namun menyia-nyiakannnya, atau membiarkannya sampai ia kehilangan ilmu itu”. (Al Hatsu ‘Ala Thalabil Ilmi wa Al Ijtihad fi Jam’ihi, 1/78).

            Bila syahwat biologis saja bisa terkalahkan, maka lezatnya ilmu tentu bisa mengalahkan syahwat _nonton bola_ di malam hari. Itulah sekelumit keadaan para ulama dalam menuntut ilmu di kesunyian malam-malam mereka yang berlampukan api dan minyak, namun sinar-sinar karya mereka terus bercahaya sampai hari ini. Semoga malam-malam panjang ke depan, para muda dan mudi zaman ini tidak lagi mengisinya dengan main game, atau duduk-duduk di tepi jalan dengan secangkir kopi dan obrolan-obrolan tidak bermanfaat sampai pagi, atau tenggelam dalam kemaksiatan, na’udzubillah min dzalik.


*****

_Disarikan dari kitab, “Silsilah ‘Uluw Al Himmah” karya Muhammad Ahmad Ismail Al Muqaddim, dan kajian sore Ramadhan oleh Dr. KH. Agus Hasan Bashori, Lc, M.Ag, “Belajar dari Semangat para Ulama” Masjid Qolbun Salim Kota Malang, oleh; Achmad Tito Rusady. Kediri, 27 Ramadhan 1440H/01 Juni 2019._

Komentar